Ini Alasan Kemenhub Imbau Masyarakat Tidak Mudik Gunakan Sepeda Motor

×

Ini Alasan Kemenhub Imbau Masyarakat Tidak Mudik Gunakan Sepeda Motor

Bagikan berita
Ini Alasan Kemenhub Imbau Masyarakat Tidak Mudik Gunakan Sepeda Motor
Ini Alasan Kemenhub Imbau Masyarakat Tidak Mudik Gunakan Sepeda Motor

HALONUSA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengharapkan agar masyarakat tidak melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan roda dua.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Kemenhub memiliki alasan tersendiri mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik atau balik menggunakan sepeda motor.

“Jadi memang menurut kami motor itu memang tidak layak untuk mudik khususnya untuk perjalanan jarak jauh,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Sesditejen Hubdat) Kemenhub Amirulloh.

Ia menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan memprediksi lebih dari 193 juta orang akan melakukan pergerakan pada libur Lebaran 2024. Dari jumlah tersebut sebagian besar diperkirakan akan menggunakan sepeda motor.

“Saya pernah bertugas dulu jadi pegawai di kawasan jalur Pantura, itu saya pernah melihat langsung mudik motor itu kecelakaan di depan saya, dia menabrak becak dan yang pengendara sepeda motor meninggal,” katanya.

Ia mengaku bahwa Kemenhub baik Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut dan Ditjen Perkeretaapian meningkatkan upaya sosialisasi agar sepeda motor tidak menjadi moda yang digunakan bagi pemudik karena rentan akan terjadinya kecelakaan, disarankan menggunakan angkutan umum resmi yang telah disiapkan di simpul-simpul transportasi,

“Khususnya untuk perjalanan jauh motor ini sebenarnya tidak selamat untuk perjalanan jarak jauh. Inilah yang melatarbelakangi kenapa Kementerian Perhubungan gencar mensosialisasikan mengenai kegiatan mudik gratis,” lanjutnya.

Kemenhub telah menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik melalui moda transportasi darat. Masyarakat yang jika dinyatakan lulus setelah mendaftar melalui MitraDarat akan diangkut menggunakan 722 bus.

“Kami di Ditjen Perhubungan Darat di tahun ini merencanakan akan memberangkatkan 722 bus untuk mudik gratis dan arus balik gratis. Dengan total penumpang 30.088 orang. Ada juga 30 truk (untuk mengangkut) 900 sepeda motor,” katanya.

Dia menjelaskan pemberangkatan arus mudik rencananya pada Sabtu 6 April 2024 di Terminal Jatijajar, Depok; Terminal Pondok Cabe, Tanggerang Selatam; dan Terminal Pulogebang Jakarta,

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih