Puasa Tetap Kuat, Ini 5 Olahraga yang Cocok di Bulan Ramadan 1445 Hijriyah

×

Puasa Tetap Kuat, Ini 5 Olahraga yang Cocok di Bulan Ramadan 1445 Hijriyah

Bagikan berita
Olahraga yoga. (Foto: Istimewa)
Olahraga yoga. (Foto: Istimewa)

5 Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Selama Berpuasa

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki santai adalah salah satu olahraga yang aman dilakukan selama berpuasa. Berjalan santai tidak akan mengeluarkan terlalu banyak keringat, sehingga stamina tubuh tetap terjaga. Selain itu, olahraga ini juga dapat menjaga kesehatan jantung dan tulang.

Anda dapat melakukan olahraga ini di taman atau area hijau terbuka menjelang berbuka puasa, sehingga energi yang terpakai bisa kembali saat berbuka.

2. Bersepeda

Bersepeda pada sore hari dapat menjadi alternatif olahraga ringan dan menyenangkan saat berpuasa.

Meskipun tergolong sebagai olahraga ringan, bersepeda memiliki manfaat seperti melancarkan peredaran darah, mengencangkan otot, dan menjaga kesehatan jantung.

Bersepeda juga dapat membantu merilekskan pikiran karena aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh terkontrol dengan baik. Nikmati waktu sore dengan bersepeda santai menjelang waktu berbuka puasa.

3. Jogging

Seperti halnya berjalan kaki, jogging juga memiliki beragam manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, dan menjaga berat badan.

Meskipun ritme jogging sedikit lebih cepat dari berjalan kaki, olahraga ini masih termasuk dalam kategori olahraga ringan yang aman dilakukan saat berpuasa.

Waktu sore menjelang berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk jogging, karena sinar matahari tidak terlalu menyengat. Selain itu, cairan tubuh yang hilang dapat segera digantikan saat berbuka.

4. Sit up dan Push up

Olahraga yang melatih kekuatan tubuh seperti sit up dan push up direkomendasikan oleh Kunjung Ashadi dari Fakultas Olahraga Universitas Negeri Surabaya.

Menurutnya, olahraga seperti push up, sit up, back up, dan lainnya dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan selama puasa.

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih