Ini Penyebab Kenaikan Harga Sembako di Kota Pariaman

×

Ini Penyebab Kenaikan Harga Sembako di Kota Pariaman

Bagikan berita
Ilustrasi, Seorang pedagang mengatur dagangannya
Ilustrasi, Seorang pedagang mengatur dagangannya

HALONUSA - Pemerintah Kota Pariaman menyatakan bahwa beberapa komoditi mengalami kenaikan harga sejak beberapa waktu terakhir.

Salah satu komoditi yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah cabai merah keriting yang mengalami peningkatan sebesar Rp15 ribu per kilogram.

Harga tersebut naik dari Rp60 ribu menjadi Rp75 ribu per kilogram, lalu harga cabai hijau naik Rp15 ribu dari Rp35 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram dan cabai rawit naik Rp5 ribu dari Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Alyendra mengatakan, kenaikan harga sejumlah komoditi di daerah itu disebabkan oleh cuaca serta pengaruh erupsi Gunung Marapi yang telah mempengaruhi produksi.

Ia mengatakan, pihaknya terus memantau harga sembako menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah di pasar di daerah itu sebagai bahan untuk mengambil kebijakan.

"Hampir setiap hari kami melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar yang ada di Pariaman, apalagi jelang ramadhan dan lebaran," katanya.

Menurutnya, meskipun terjadi kenaikan jelang ramadhan, namun Pemko setempat telah mempersiapkan langkah penekanan harga berupa operasi pasar yang direncanakan dilaksanakan awal Maret 2024. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih