HALONUSA - Kinerja layanan penumpang kereta api di Divisi Regional II Sumatera Barat menunjukkan peningkatan signifikan pada 2024.
Hingga November, KAI Divre II Sumbar mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 1.638.930 orang, naik 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Muh. Tri Setyawan selaku Kepala KAI Divre II Sumbar menyebutkan, pada November saja, sebanyak 149.847 penumpang menggunakan layanan kereta api, didukung oleh tingginya minat masyarakat, termasuk rombongan eduwisata.
Stasiun-stasiun favorit seperti Padang, Pariaman, dan BIM menjadi pusat mobilitas utama.
Tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,82 persen, sementara ketepatan waktu kedatangan mencapai 99,39 persen, meningkat dibandingkan tahun lalu.
Perbaikan ini didukung oleh peningkatan operasional dan perawatan sarana-prasarana yang berkesinambungan.“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik dengan tetap mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi perjalanan,” ujar Muh. Tri Setyawan.
Sementara itu, prognosa hingga Desember 2024, KAI Divre II Sumbar diperkirakan akan melayani 1,8 juta penumpang.
Masyarakat disarankan merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan aplikasi Access by KAI untuk pembelian tiket sejak H-7 keberangkatan.
“Kami terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan agar kereta api menjadi pilihan utama transportasi masyarakat,” tutupnya. (*)
Editor : Dewi Fatimah