Prabowo-Gibran Resmi Pimpin Indonesia, Era Baru Dimulai!

×

Prabowo-Gibran Resmi Pimpin Indonesia, Era Baru Dimulai!

Bagikan berita
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. (Foto: BPMI Setpres)
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. (Foto: BPMI Setpres)

HALONUSA - Pasangan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029 pada tanggal 20 Oktober 2024 kemarin.

Prosesi pelantikan berlangsung khidmat dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 504 Tahun 2024 yang menetapkan keduanya sebagai pasangan terpilih dalam Pemilu 2024.

Sidang dimulai pukul 10.00 WIB dengan diawali lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Ketua MPR RI Ahmad Muzani membuka secara resmi sidang tersebut.

Setelahnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara bergantian mengucapkan sumpah jabatan dengan penuh khidmat.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya..." ucap Prabowo Subianto, disusul dengan pengucapan sumpah serupa oleh Gibran Rakabuming.

Setelah sumpah jabatan, keduanya menandatangani berita acara pelantikan yang kemudian diserahkan oleh Ketua MPR RI kepada Presiden dan Wakil Presiden.

Pelantikan ditutup dengan pidato ucapan terima kasih dari Presiden Prabowo kepada para pemimpin dan utusan negara sahabat yang hadir.

"Atas nama rakyat Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya. Anda menghormati kami dengan hadir di tengah kesibukan pada momen kedaulatan konstitusional kami," ujar Prabowo.(*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Gubernur