Kinerja Penumpang KAI Divre II Sumbar Meningkat 8% Hingga September 2024

×

Kinerja Penumpang KAI Divre II Sumbar Meningkat 8% Hingga September 2024

Bagikan berita
Suasana di dalam gerbong kereta api yang dipenuhi penumpang. (Foto: KAI Divre II Sumbar)
Suasana di dalam gerbong kereta api yang dipenuhi penumpang. (Foto: KAI Divre II Sumbar)

HALONUSA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatatkan kinerja dalam angkutan penumpang sepanjang Januari hingga September 2024 meningkat dari tahun sebelumnya.

Kahumas KAI Divre II Sumatera Barat, M. As'ad Habibuddin, menjelaskan, selama periode tersebut, KAI Divre II Sumbar berhasil melayani 1.341.526 penumpang, mengalami kenaikan sebesar 8% dibanding periode yang sama tahun 2023 yang mencatatkan 1.237.899 penumpang.

"Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumbar berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan," ujarnya.

Kenaikan ini terutama didorong oleh tingginya penggunaan beberapa layanan utama KAI di wilayah Sumbar. KA Pariaman Ekspres (rute Pauhlima/Padang-Naras pp) menjadi favorit dengan 1.040.476 penumpang.

Disusul KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air-Padang-Bandara Internasional Minangkabau pp) yang mencatat 213.725 penumpang, dan KA Lembah Anai (Kayu Tanam-BIM pp) dengan 87.325 penumpang.

Pada bulan September 2024 saja, KAI Divre II Sumbar mengangkut 140.274 penumpang, meningkat 3% dibandingkan bulan sebelumnya, Agustus 2024, yang mencatat 135.731 penumpang.

Menurut As'ad, peningkatan ini didukung oleh tingginya jumlah rombongan dari instansi sekolah, pengajian, dan minat masyarakat yang terus bertumbuh karena kenyamanan dan harga tiket yang terjangkau.

Lima stasiun terfavorit yang paling banyak melayani penumpang di wilayah Sumbar adalah Stasiun Padang, Pariaman, Air Tawar, Naras, dan BIM.

Tak hanya volume penumpang, ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api juga mengalami peningkatan.

Hingga September 2024, ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,81%, naik dari 99,47% pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Gubernur