Rakor Badan Adhoc Pilkada, KPU Sumbar Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Pemilu

×

Rakor Badan Adhoc Pilkada, KPU Sumbar Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Pemilu

Bagikan berita
Rakor Badan Adhoc Pilkada, KPU Sumbar Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Pemilu
Rakor Badan Adhoc Pilkada, KPU Sumbar Siapkan Strategi Hadapi Tantangan Pemilu

HALONUSA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, Surya Efitrimen, menegaskan bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) memiliki peran krusial dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak.

PPK, yang mengoordinasikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), menjadi garda terdepan di 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

"Ini adalah momen penting bagi kita, di mana seluruh PPK dari seluruh Sumbar dapat berkumpul secara lengkap untuk pertama kalinya. Lebih istimewa lagi, pertemuan ini berlangsung pada Hari Kesaktian Pancasila, yang juga bertepatan dengan Hari Jadi Sumbar dan pelantikan anggota DPR RI hasil Pemilu pada 14 Februari 2024 lalu," ujar Surya dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Badan Adhoc Pilkada Serentak Provinsi Sumbar, Selasa, 1 Oktober 2024, di Hotel Pangeran, Padang.

Surya menekankan bahwa sinergi antara semua pihak sangat diperlukan untuk memastikan jalannya Pilkada 2024 dengan lancar, bermartabat, dan berdampak positif bagi bangsa.

Ia juga menyoroti pentingnya monitoring dan supervisi agar proses perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat dilakukan dengan integritas yang tinggi sehingga dapat mengatasi setiap masalah yang mungkin timbul selama proses rekapitulasi suara.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah ketua-ketua divisi KPU Sumbar, yaitu Jons Manedi, Medo Patria, Ory Sativa Syakban, Hamdan, dan Irzal Zamzami selaku Kepala Sekretariat KPU Sumbar.

Surya juga mengingatkan bahwa potensi masalah bisa muncul selama penyelenggaraan Pilkada, terutama terkait pengadaan logistik dan distribusinya ke TPS yang tersebar di wilayah-wilayah dengan akses sulit, termasuk daerah terpencil yang harus melewati sungai, lautan, dan perbukitan.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh PPK untuk memperkuat komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas demi keberhasilan Pilkada.

"Terima kasih atas kehadiran dan dedikasi semua pihak, terutama badan Adhoc yang datang dari seluruh PPK di Sumbar. Mari kita jaga komitmen dan semangat agar tugas yang kita emban dapat terlaksana dengan baik dan sukses," tutup Surya.

Sementara itu, Medo Patria, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Sumbar, mengapresiasi kerja keras PPK dan PPS dalam menyelesaikan rekapitulasi data pemilih.

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Gubernur