Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa Dilatih Jadi Pengawas Pemilu

×

Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa Dilatih Jadi Pengawas Pemilu

Bagikan berita
Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa Dilatih Jadi Pengawas Pemilu
Bawaslu Ngampus di UNP, Mahasiswa Dilatih Jadi Pengawas Pemilu

HALONUSA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melaksanakan kegiatan "Bawaslu Ngampus" sebagai bagian dari upaya memperkuat pengawasan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Pada Rabu (4/9/2024), kegiatan tersebut diadakan di Universitas Negeri Padang (UNP), khususnya dengan melibatkan ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Acara ini menghadirkan Ketua Divisi Pencegahan, Hubmas, dan Parmas Bawaslu RI, Lolly Suhenti, yang didampingi oleh Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, SH, M.Kn, serta Koordinator Divisi Pencegahan, Hubmas dan Parmas Bawaslu Sumbar, Muhamad Khadafi. Dekan FIS UNP, Afriva Khaidir, juga turut hadir dalam acara ini.

Lolly Suhenti dalam sambutannya menyatakan bahwa kampus memiliki peran strategis dalam menyebarkan gagasan, terutama karena kampus adalah tempat yang memungkinkan diskusi egaliter dan kebebasan dalam membicarakan berbagai isu, termasuk demokrasi.

"Kampus menyediakan ruang yang nyaman untuk berdiskusi tentang demokrasi. Saya sangat senang para mahasiswa bisa ikut serta dalam kegiatan ini," ujar Lolly dalam acara bertema 'Meningkatkan Peran Partisipasi Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilihan Serentak 2024.'

Lolly juga menekankan bahwa Pilkada adalah milik seluruh masyarakat, terlepas dari seberapa peduli mereka terhadap proses demokrasi.

"Pemimpin yang baik atau buruk bisa lahir dari pilihan kita. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan bisa menjadi aktor penting dalam demokrasi Pilkada Serentak 2024. Pengawasan partisipatif yang dilakukan bersama akan melahirkan pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut, Lolly menjelaskan bahwa tugas pengawas partisipatif adalah mengedukasi sebanyak mungkin orang untuk terlibat dalam pengawasan serta menciptakan akselerasi yang memungkinkan terlaksananya Pilkada yang demokratis.

"Kampus, dengan tridharma perguruan tingginya, bisa menjadi katalisator dalam peningkatan pengawasan partisipatif. Kegiatan Bawaslu Ngampus adalah bagian dari program Bawaslu untuk melibatkan mahasiswa dalam pengawasan," tambahnya.

Ketua Bawaslu Sumbar, Alni, menambahkan bahwa Bawaslu Ngampus adalah langkah penting untuk melibatkan berbagai pihak dalam pengawasan. Mahasiswa diharapkan memiliki keberanian untuk melaporkan jika menemukan kejanggalan di lapangan.

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih