Optimisme Barongsai Sumbar, Targetkan 4 Medali Emas di PON 2024

×

Optimisme Barongsai Sumbar, Targetkan 4 Medali Emas di PON 2024

Bagikan berita
Optimisme Barongsai Sumbar, Targetkan 4 Medali Emas di PON 2024
Optimisme Barongsai Sumbar, Targetkan 4 Medali Emas di PON 2024

HALONUSA - Kontingen Barongsai Sumatera Barat menunjukkan optimisme tinggi menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

Dalam ajang multi-event terbesar di Indonesia ini, Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumatera Barat menargetkan untuk menyumbangkan empat medali emas bagi Sumatera Barat.

Target ini bukan tanpa alasan. Tim Barongsai Sumbar telah menunjukkan performa gemilang dengan meraih empat medali emas di Porwil 2023 serta menorehkan prestasi sebagai juara dunia beberapa waktu lalu.

Dengan prestasi ini, Barongsai Sumbar menjadi salah satu cabang olahraga andalan Sumatera Barat di PON kali ini.

Pada hari Minggu (1/8/2028), Ketua KONI Sumatera Barat, Ronny "Ompa" Pahlawan, secara resmi melepas keberangkatan tim Barongsai menuju Medan, Sumatera Utara, dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Dalam kesempatan tersebut, Ronny menekankan pentingnya menjaga kesehatan, fokus, dan memberikan kemampuan terbaik selama pertandingan.

"Jaga kesehatan selama di Medan, fokus dan kerahkan semua kemampuan untuk meraih medali bergengsi," ujar Ompa.

Pelatih Barongsai Sumbar, Martin, menyatakan bahwa potensi empat medali emas berasal dari empat kategori, yaitu Taulo Bebas, Barongsai Tradisional, Naga Taolu Bebas, dan Pekingsai Taolu Bebas.

Meskipun optimis, Martin mengakui bahwa persaingan akan ketat, terutama menghadapi tim-tim kuat seperti Yogyakarta dan DKI Jakarta.

Cabang olahraga Barongsai di PON 2024 akan digelar di Martial Arts Arena, Medan, dan akan memperebutkan sedikitnya 10 medali emas dari 10 kategori pertandingan.

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih