Pemko Padang Matangkan Persiapan Jelang Festival Adat Budaya Nusantara III

×

Pemko Padang Matangkan Persiapan Jelang Festival Adat Budaya Nusantara III

Bagikan berita
Rapat persiapan Jelang Festival Adat Budaya Nusantara III. (Foto: Facebook Kominfo Padang)
Rapat persiapan Jelang Festival Adat Budaya Nusantara III. (Foto: Facebook Kominfo Padang)

HALONUSA - Menjelang Festival Adat Budaya Nusantara (FABN) III Sumatera Barat yang akan digelar pada 4-7 September 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus mematangkan persiapan.

Festival ini akan menjadi ajang silaturahmi bagi ratusan raja, sultan, datu, dan penglingsir dari berbagai kerajaan di seluruh Nusantara.

Untuk memastikan kelancaran setiap agenda kegiatan, Pemko Padang menggelar rapat persiapan di Ruang Asisten, pada tanggal 28 Agustus 2024 kemarin

Sebagaimana dikutip dari kominfo Padang kamis,(29/8/2024), rapat tersebut membahas berbagai aspek penting, termasuk kebersihan, teknis pelaksanaan, dan transportasi yang memadai.

Selain itu, turut dibahas pelibatan pelaku seni dan budaya dalam menyambut kedatangan para raja dan sultan.

"Asisten I Edi Hasymi, yang memimpin rapat, menegaskan bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus merinci tanggung jawab masing-masing. Ini penting untuk memastikan bahwa semua aspek persiapan terlaksana dengan baik," ujar Edi Hasymi.

Ia juga menambahkan bahwa pada acara jamuan makan malam yang akan digelar pada 5 September 2024 di Youth Centre, para tamu undangan diwajibkan mengenakan pakaian adat.

"Pada malam tersebut, undangan akan mengikuti tradisi makan bajamba dengan menyantap makanan khas tradisional. Acara ini akan dimeriahkan dengan tampilan seni dan budaya, seperti tarian, musik rabab, dan saluang Pauh. Selain itu, para raja, sultan, dan datu yang hadir akan menerima suvenir berupa deta dan salempang," tambah Edi Hasymi.(*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih