Bebas Cacar Monyet, Dinkes Kota Padang Tetap Imbau Warga Perkuat PHBS dan GERMAS

×

Bebas Cacar Monyet, Dinkes Kota Padang Tetap Imbau Warga Perkuat PHBS dan GERMAS

Bagikan berita
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Pinterest)
Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Pinterest)

HALONUSA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang mengonfirmasi bahwa hingga saat ini, belum ditemukan kasus cacar monyet (Monkeypox atau Mpox) di Kota Padang.

Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Padang, Citra Septiyenri, menegaskan bahwa meskipun tidak ada laporan kasus, pihaknya mengajak masyarakat untuk terus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai langkah pencegahan.

"Sejauh ini, belum ditemukan kasus cacar monyet. PHBS dan GERMAS adalah upaya pencegahan yang bisa kita lakukan untuk melindungi warga Kota Padang dari penyakit ini," ujar Citra dikutip dri Kominfo Padang, Kamis (29/8/2024).

Citra menjelaskan bahwa cacar monyet dapat menyebar melalui infeksi dari orang yang sudah terpapar virus, terutama jika terdapat luka atau goresan pada kulit yang kemudian bersentuhan dengan orang lain.

"Sejak tahun lalu, kasus cacar monyet belum terdeteksi di Kota Padang. Melalui GERMAS, kami mengimbau masyarakat untuk sadar akan pentingnya menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat dan fit, serta terhindar dari berbagai penyakit," tegasnya.(*)

Editor : Dewi Fatimah
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih