Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet dengan Nuansa Politis

×

Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Lakukan Reshuffle Kabinet dengan Nuansa Politis

Bagikan berita
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Sekretariat Presiden RI)
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Sekretariat Presiden RI)

Jokowi juga dikabarkan akan melantik Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi, badan baru yang dibentuk untuk mengelola program makan gratis yang diusung oleh Prabowo-Gibran.

Dadan adalah dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Saat dimintai konfirmasi, Dadan mengatakan, "Kita lihat besok. Masih menunggu arahan," ujarnya pada Ahad, 18 Agustus 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, melalui pesan singkat menyatakan bahwa pengangkatan menteri, wakil menteri, dan kepala badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan lancar dan efektif.

Ari menambahkan bahwa pelantikan pejabat akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pada pukul 9.30 WIB, namun ia enggan mengungkapkan detail mengenai siapa saja yang akan dirombak.

Ia hanya menyebutkan beberapa jabatan yang akan dilantik Presiden, yaitu Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis, Agung Baskoro, menilai reshuffle kali ini sangat kental dengan nuansa politis karena dilakukan menjelang akhir masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Ini bukan untuk perbaikan kinerja, tetapi lebih kepada upaya sinkronisasi pemerintahan Jokowi dengan pemerintahan Prabowo-Gibran," ujar Agung. (*)

Editor : Heru Candriko
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih