Shin Tae-yong dan Elkan Baggott Diminta Berdamai untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

×

Shin Tae-yong dan Elkan Baggott Diminta Berdamai untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bagikan berita
Justinus Lhaksana atau Coach Justin. (Foto: Istimewa)
Justinus Lhaksana atau Coach Justin. (Foto: Istimewa)

"Ketika Timnas bermain, Elkan tidak dipanggil. Dia baru dipanggil setelah turnamen selesai. Namun, Elkan sudah merencanakan liburannya. Dari sudut pandang Elkan, yang dibesarkan dengan budaya Barat, hak pribadi sangat dijunjung tinggi dan tidak bisa diganggu gugat," jelas Coach Justin di Kanal Hasani’s Corner.

Di sisi lain, Shin Tae-yong merasa bahwa Timnas Indonesia U-23 sangat membutuhkan kehadiran Elkan Baggott, dan panggilan tersebut seharusnya dipenuhi.

"Shin Tae-yong merasa negara ini membutuhkan kamu. Ini adalah perbedaan budaya antara Barat dan Asia," tambah Coach Justin.

Dia juga berpendapat bahwa mungkin saja Elkan Baggott telah menerima sanksi dari Shin Tae-yong, seperti tidak dipanggil dalam beberapa pertandingan terakhir.

Namun, masalah antara keduanya diperkirakan sudah selesai, dan Shin Tae-yong akan kembali memanggil Elkan Baggott.

"Memang, tidak dipanggil dalam beberapa pertandingan adalah hak Shin Tae-yong. Tapi dengan kondisi sekarang, Shin juga harus menyadari bahwa kita membutuhkan Elkan," ujarnya.

Coach Justin menyarankan agar semua pihak menurunkan ego demi kepentingan tim nasional, terutama mengingat Grup C di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi tantangan berat tanpa adanya lawan yang mudah.

"Turunkan ego, panggil Elkan. Jika kita bisa menyatukan perbedaan budaya, pasti ada masalah kecil yang harus kita atasi. Ini adalah hal kecil yang tidak perlu dibesar-besarkan," pungkasnya. (*)

Editor : Heru Candriko
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih