Ngaku Tidak Terlibat Pembunuhan Vina Cirebon, Saka Tatal Jalani Sumpah Pocong

×

Ngaku Tidak Terlibat Pembunuhan Vina Cirebon, Saka Tatal Jalani Sumpah Pocong

Bagikan berita
Saka Tatal melakukan ritual sumpah pocong
Saka Tatal melakukan ritual sumpah pocong

HALONUSA - Mantan terpidana kasus pembunuhan Vina Cirebon, Saka Tatal menjalankan ritual sumpah pocong untuk membuktikan bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus tersebut.

Ritual tersebut dilaksanakan di Padepokan Agung Amparan Jati, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Jumat 9 Agustus 2024 kemarin.

Berbagai perlengkapan untuk pelaksanaan ritual sumpah pocong ini di antaranya adalah kain kafan yang telah ditaburi bunga.

Pelaksanaan sumpah pocong yang dilakukan Saka Tatal ini dipimipin oleh pimpinan Padepokan Agung Amparan Jati, Raden Gilap Sugiono.

Gilap Sugiono sempat memberi keterangan. Ia mengatakan, ritual sumpah pocong ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari keadilan.

"Sumpah pocong ini tujuannya untuk mencari keadilan dan kebenaran," kata Raden Gilap Sugiono.

Menurutnya, perlengkapan ritual sumpah pocong ini sebenarnya disediakan untuk dua pihak, yakni Saka Tatal dan Iptu Rudiana. Namun dalam kesempatan ini hanya Saka Tatal yang hadir.

"Kita berharap semoga Bapak Iptu Rudiana bisa hadir dalam kesempatan ini. Kalau Saka Tatal sudah hadir," katanya.

Hingga pada waktu pelaksanaannya, hanya Saka Tata yang kemudian menjalani ritual sumpah pocong tersebut. Dalam ritual tersebut, awal Saka Tatal dimandikan. Setelah prosesi itu selesai, Saka Tatal kemudian menuju lokasi tempat dilaksanakannya sumpah pocong.

Di lokasi tersebut, Saka Tatal dibungkus kain kafan dengan posisi tidur terlentang. Dalam ritual sumpah pocong ini, Saka Tatal pun mengucapkan kalimat sumpah.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih