Ini Penyebab Anggara Peringatan HUT RI ke-79 Membengkak

×

Ini Penyebab Anggara Peringatan HUT RI ke-79 Membengkak

Bagikan berita
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

HALONUSA - Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan kenapa anggaran Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 membengkak dibanding tahun sebelumnya.

Menurut orang nomor satu di Indonesia itu, pembengkakan anggaran untuk peringatan HUT RI ke-79 tersebut karena diadakan di 2 lokasi.

"Iya namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi sehingga menjadi di dua tempat. Tapi kan bukan lompatan yang anu," kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Jumat 9 Agustus 2024.

Ia tidak mengungkapkan berapa besaran kenaikan anggaran upacara HUT RI ke-79 tahun 2024 ini. Menurutnya, kenaikan anggaran tersebut masih dalam batas wajar.

"Saya kira anggaran biasa, wajar dan juga anggarannya di Kemensetneg," katanya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga mengakui pembengkakan anggaran upacara. Dia pun menyebut penyebabnya adalah penyelenggaraan di dua tempat.

"Ya karena upacara sekarang itu kan diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya tetapi enggak signifikan," ucap Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Selasa (6/8).

Beberapa hal yang menjadi sorotan publik adalah biaya sewa transportasi. Istana memang sudah membantah kabar sewa 1.000 mobil dengan tarif hingga Rp25 juta sehari.

Istana mengatakan akan menyewa bus untuk angkutan tamu upacara di IKN. Jumlah bus yang disewa sekitar 200 unit. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih