Persiapkan Siswa Hadapi Dunia Kerja, UNP Berikan Pelatihan CPS Kepada Siswa SMKN 1 Bukittinggi

×

Persiapkan Siswa Hadapi Dunia Kerja, UNP Berikan Pelatihan CPS Kepada Siswa SMKN 1 Bukittinggi

Bagikan berita
Foto bersama Dosen UNP dengan Kepala Sekolah SMKN 1 Bukittinggi
Foto bersama Dosen UNP dengan Kepala Sekolah SMKN 1 Bukittinggi

HALONUSA - Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan pelatihan tentang Pengolahan Citra Planet Scope (CPS) kepada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bukittinggi.

Hal tersebut dilakukan sebagai komitmennya untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di dunia kerja. Pelatihan tersebut diikuti oleh siswa dari Jurusan Teknik Geomatika.

Untuk memberikan pelatihan, UNP menurunkan tiga dosen yaitu Sri Kandi Putri, S.Si, M.S.c, Mentari Dian Pertiwi, S.Pd,M.Pd, dan Septiana Vratiwi,M.Kom, serta melibatkan mahasiswa dari program studi Penginderaan Jauh & Sistem Informasi Geografis (PJSIG).

Pelatihan tersebut dirancang untuk memberikan kombinasi antara teori dan praktik dalam penggunaan teknologi terbaru dari Planet Scope.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bukittinggi, Gustian Budiarto mengatakan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari upaya sekolah untuk memastikan siswa memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

"Kami ingin siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki kemampuan praktis dalam menggunakan teknologi terbaru yang relevan dengan bidang studi mereka," ujarnya.

Pelatihan ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari sesi teori tentang dasar-dasar citra satelit dan GIS, hingga praktik langsung dalam penggunaan perangkat lunak GIS untuk mengolah dan menganalisis data citra satelit.

Siswa juga diberikan proyek nyata yang memungkinkan mereka menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam konteks praktis.

Salah satu peserta pelatihan, Ibrahim S, mengungkapkan kegembiraannya atas pelatihan ini.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami belajar banyak tentang cara mengolah data citra satelit dan bagaimana menggunakannya untuk berbagai aplikasi. Ini akan sangat membantu kami ketika nanti bekerja di bidang geomatika," katanya.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih