OPM Buka Suara Soal Tudingan Bunuh Pilot Asal Selandia Baru di Papua

×

OPM Buka Suara Soal Tudingan Bunuh Pilot Asal Selandia Baru di Papua

Bagikan berita
Sebby Sambom (Foto: Seputar Papua)
Sebby Sambom (Foto: Seputar Papua)

HALONUSA - Juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom buka suara soal pernyataan Polri tentang pilot asal Selandia Baru yang diduga dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dilansir dari BBC Indonesia, Sebby mengatakan bahwa pihaknya belum mengonfirmasi bahwa pembakaran dan pembunuhan tersebut dilakukan oleh kelompoknya.

“Jadi kami belum terima konfirmasi dari lapangan, harap sabar,” katanya.

Ia mengungkapkan, jika benar pihaknya melakukan pembunuhan tersebut, berarti sang pilot merupakan mata-mata dari TNI/Polri.

“Kalaupun [sangkaan] benar, pilot tersebut adalah mata-mata dari TNI/Polri karena sudah sejak lama kami bilang wilayah tersebut masuk dalam wilayah perang,” katanya.

Menurutnya, penerbangan sipil dilarang mendarat di lokasi tersebut. Jika dilanggar maka pasukan TPNPB akan melakukan serangan.

"Saya sudah bilang ke publik bahwa wilayah itu wilayah larangan, wilayah konflik bersenjata yang kami larang untuk penerbangan sipil, apalagi sering mengangkut tentara polisi pakai helikopter-helikopter itu," tutupnya.

Sebelumnya, Seorang pilot asal Selandia Baru yang bernama Glen Malcom Conning diduga ditawan dan dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKBP) di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Senin 5 Agustus 2024 kemarin.

Kabar penyekapan dan pembunuhan tersebut disampaikan oleh Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno kepada awak media.

Menurutnya, terkait penyekapan dan pembunuhan pilot asal Selandia Baru tersebut, pihaknya mendapatkan informasi dari seorang saksi berinisial D.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih