Persiapan HUT RI ke-79 di IKN, Pemerintah Sewa 1.000 Mobil

×

Persiapan HUT RI ke-79 di IKN, Pemerintah Sewa 1.000 Mobil

Bagikan berita
Ilustrasi Mobil Rental
Ilustrasi Mobil Rental

HALONUSA - Pemerintah menyewa sebanyak 1.000 unit mobil yang akan digunakan untuk mobilitas tamu negara pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

Penyewaan mobil itu diterima oleh Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) dengan uang muka sebesar 50 persen.

"Permintaan pengadaan mobil dari Kemensetneg itu sekitar 1.000 unit, dan sudah dibayar uang muka 50 persen dari nilai kontrak," ungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur Damun Kiswanto di Balikpapan, Kaltim, Minggu 4 Agustus 2024.

Lantaran banyaknya unit mobil yang disewa, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena keterbatasan unit mobil rental di wilayah.

Mobil-mobil sewaan itu didatangkan dari sejumlah daerah seperti Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu.

Kini mobil sewaan itu masih dalam perjalanan menuju Kaltim. Biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman satu unit mobil mencapai Rp13 juta, sehingga lonjakan harga sewa mobil tidak bisa dihindari.

Praktis, harga sewa mobil di Kalimantan Timur melonjak hingga 100 persen dari harga pasaran sebelumnya.

Harga sewa Toyota Fortuner misalnya, tembus Rp5 juta per hari dengan harga normal Rp2,5 juta per hari. Sedangkan Hiace dari tembus Rp15 juta per hari, dengan harga normal Rp3,5 juta per hari.

Bahkan, kata Damun, untuk Toyota Alphard yang biasanya Rp7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp25 juta per hari. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih