CPNS 2024 Dibuka 5 Agustus? Begini Jawaban Menpan RB

×

CPNS 2024 Dibuka 5 Agustus? Begini Jawaban Menpan RB

Bagikan berita
Ilustrasi CPNS 2024
Ilustrasi CPNS 2024

HALONUSA - Beredar informasi tentang pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 akan dimulai pada Senin 5 Agustus 2024.

Lalu, bagaimanakah kebenaran dari informasi yang berseliweran di internet saat ini? Berikut adalah informasi yang sudah dirangkum tim Halonusa.id.

Untuk diketahui, hingga artikel ini diterbitkan, belum ada kepastian tanggal dan waktu akan dibukanya pendaftaran CPNS 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Abdullah Azwar Anas memastikan pengumuman seleksi CPNS 2024 akan dibuka pada bulan Agustus ini.

Ia mengatakan, jika saat ini proses verifikasi formasi CPNS telah mencapai 97%. Namun, ada beberapa K/L dan pemerintah daerah yang belum mengirimkan usulan formasi ke Kementerian PANRB.

"Nah ini PNS sudah selesai verifikasinya, sudah 97 persen yang CPNS. Sehingga ini insya Allah dalam waktu dekat segera akan diumumkan. Sekitar Agustus untuk rekrutmen CPNS," katanya.

Kendati demikian, Anas tidak merinci K/L maupun Pemda mana saja yang belum mengusulkan formasi. Dia pun mendorong baik K/L maupun Pemda yang belum mengusulkan formasi untuk segera mengirimkan.

"Karena ini menyangkut verifikasi. Saya harus cek, karena minggu lalu masih ada kementerian/lembaga belum mengirim formasi ke kami. Jadi kenapa ini agak terlambat? Karena ada beberapa kota/kabupaten belum (mengusulkan formasi), masih kita kejar supaya mengusulkan formasi ke kami. Jangan sampai setelah ujian baru ribut," jelasnya.

Anas menuturkan jika setelah memenuhi jumlah formasi, masih ada verifikasi target nasional.

"Setelah mengusulkan pun akan kita verifikasi,formasinya sesuai dengan target nasional nggak? Misalnya, kita minta ada auditor. Ternyata mereka nggak mengusulkan auditor, yang diusulkan tenaga teknis. Nah padahal tenaga teknis ini sudah kita kurangi karena nantiterdisrupsi oleh digital," terangnya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih