Hari Ini, Satgas Barang Impor Ilegal Mulai Razia

×

Hari Ini, Satgas Barang Impor Ilegal Mulai Razia

Bagikan berita
Mendag Zulkifli Hasan
Mendag Zulkifli Hasan

HALONUSA - Hari ini, Jumat 26 Juli 2024, Satuan Tugas (Satgas) barang impor ilegal sudah mulai bergerak untuk melakukan razia.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hazan kepada wartawan pada Kamus 25 Juli 2024.

“Besok sudah mengambil tindakaan besok tunggu aja,” katanya.

Sebelumnya, beberapa hari setelah satgas dibentuk, sempat isu razia mencuat di pasar grosir Jakarta hingga para pedagang menutup toko.

Zulhas memastikan pedagang grosir besar juga akan menjadi sasaran razia. Hanya tingkat pengecer barang impor ilegal yang bebas dari razia.

“Justru yang disasar itu distributor besar, grosir besar, importir besar, dan oknum nakal. sementara pengecer pengecer tenang saja,” ucapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat supaya berhenti membeli barang impor ilegal. “Mangkanya jangan beli barang ilegal lagi ya,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, satuan tugas (satgas) itu resmi dibentuk sesuai Keputusan Menteri Perdagangan (Kepmendag) Nomor 932 Tahun 2024 tertanggal Kamis 18 Juli 2024.

Pembentukan satgas sebagai tindak lanjut pertemuan dengan sejumlah asosiasi seperti Hippindo yang rata-rata mengeluhkan banyaknya barang-barang ilegal.

Adapun, jenis-jenis barang yang diawasi yakni tujuh komoditas pada tekstil dan produk tekstil (TPT), pakaian jadi dan aksesoris pakaian jadi, keramik, elektronik, alas kaki, kosmetik, dan barang tekstil sudah jadi.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Gubernur