Kota Padang Semakin Dekat dengan Transportasi Ramah Lingkungan

×

Kota Padang Semakin Dekat dengan Transportasi Ramah Lingkungan

Bagikan berita
Salah satu transportasi Kota Padang yang akan diubah menjadi transportasi ramah lingkungan
Salah satu transportasi Kota Padang yang akan diubah menjadi transportasi ramah lingkungan

HALONUSA - Kota Padang semakin dekat dengan transportasi ramah lingkungan. Hal ini sejalan dengan tema HUT ke-355 Kota Padang, Sinergitas Blue Economy and Green Economy.

Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Padang Didi Aryadi menyampaikan, setelah beberapa kali melakukan Forum Group Discussion (FGD) bersama tim ahli Shenzhen Bus Group memberikan rekomendasi konkret terkait pengembangan transportasi. Rekomendasi tersebut yakni penerapan kendaraan listrik berbasis teknologi cerdas yang ramah lingkungan secara bertahap.

“Kita telah melakukan FGD sejak Senin hingga siang ini. Mereka menyarankan kita untuk memulai dengan proyek percontohan di satu koridor terlebih dahulu,” kata Didi usai mendengar pemaparan hasil kunjungan GIZ Cina dan Shenzhen Bus Group di Ruang Abu Bakar Jaar, Rabu (24/7/2024).

Didi memastikan, rencana ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Antara lain dari PLN, telah memastikan ketersediaan pasokan listrik untuk mendukung operasional kendaraan.

Kemudian dari akademisi juga turut memberikan masukan positif. Sebab dengan peralihan ke kendaraan listrik dapat menghemat biaya hingga lebih dari 30 persen. Dengan demikian dipastikan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan.

“Mereka menyatakan, harus ada government policy atau kebijakan pemerintah. Misalnya pada pajak bermotor. Mungkin nanti khusus kendaraan listrik diberikan insentif dengan pajaknya lebih ringan sehingga orang beralih,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini, Pemko Padang akan fokus ke transportasi publik. Namun juga mendorong pemilik kendaraan pribadi bisa beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

“Untuk mewujudkan rencana ini, Pemko telah membentuk Kelompok Kerja atau Pokja Ketahanan Iklim. Pokja ini akan lebih mengkonkretkan apa-apa yang ada di FGD sehingga kita berpindah tidak serta merta, tapi ada tahapan,” kata Didi. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih
KPU Solok