Transportasi Energi Biru, Pemko Padang Lakukan Hal Ini

×

Transportasi Energi Biru, Pemko Padang Lakukan Hal Ini

Bagikan berita
FGD Pemko Padang
FGD Pemko Padang

HALONUSA - Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus menggali informasi terkait pemanfaataan teknologi dan energi baru terbarukan (EBT). Hal ini sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan kota ramah lingkungan.

Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Padang Didi Aryadi mengatakan, salah satu cara untuk mendapatkan informasi perihal pemanfaatan teknologi dan EBT dengan menggelar Focus Grup Discussion (FGD) atau diskusi terpumpun. Kegiatan ini diadakan di Ruang Rapat Abu Bakar Jaar Balai Kota Padang, Rabu (24/7/2024).

“Pagi ini kita mengelar FGD untuk mendapatkan informasi terkait pemanfaatan teknologi dan EBT. FGD ini dihadiri pihak terkait seperti OPD di lingkungan Pemko Padang, PT PLN, universitas, dan termasuk Shenzhen Bus Group perusahaan asal Tiongkok yang bergerak di bidang transportasi ramah lingkungan,” kata Didi.

Menurutnya, melalui FGD ini dibahas solusi pengurangan polusi udara khususnya di sektor transportasi. Dengan cara peningkatan pemanfaatan EBT, pengurangan energi fosil, dan pemanfaatan carbon capture and storage (CCS). Lalu peningkatan pemanfaatan listrik, serta pengembangan infrastruktur kendaraan listrik.

Ia menambahkan, dengan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak, Kota Padang diharapkan bisa menjadi contoh dalam pengelolaan EBT. Mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan.

“Diskusi yang produktif ini diharapkan dapat menghasilkan ide-ide cemerlang dalam mewujudkan transportasi ramah lingkungan di Kota Padang. Hal ini sangat diperlukan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang, Yenni Yuliza, menyampaikan acara ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemko Padang dengan Shenzen Bus Group, UCLG ASPAC, dan GIZ. Tujuannya berbagi pembelajaran tentang transformasi EBT, terutama di sektor transportasi massal. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih
KPU Solok