MAKI Soroti 236 Capim KPK yang Lolos Seleksi Administrasi

×

MAKI Soroti 236 Capim KPK yang Lolos Seleksi Administrasi

Bagikan berita
Koordinator MAKI Boyamin Saiman
Koordinator MAKI Boyamin Saiman

HALONUSA - Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) menilai 236 calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum merupakan tim impian.

"Belum tim impian karena beberapa hal, juga dari penegak hukum belum menggambarkan tim impian dari swasta juga begitu, dari perguruan tinggi juga begitu. Jadi ini saya belum bisa melihat akan dipilih lima orang yang tim impian dari pendaftar-pendaftar ini," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman.

Boyamin tetap mendorong agar panitia seleksi mencoret internal KPK dari bursa capim KPK. Khususnya nama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang dianggapnya gagal. MAKI sebelumnya sempat mengusulkan supaya internal KPK tak lagi ikut daftar Capim KPK.

"Saya tetap konsisten untuk mencoret capim KPK yang berasal dari internal, bahkan pimpinan satu periode seperti Pak Nurul Ghufron. Itu kan saya anggap gagal. Deputi-deputinya juga sama saja, saya anggap gagal maka MAKI tetap konsisten untuk nantinya (meminta) pansel mencoret yang bersangkutan. Khusus Pak Nurul Ghufron mencoretnya harus kuat lho ya, karena bisa digugat PTUN," katanya.

"Kalau nama-nama lain saya masih punya secercah harapan," tambahnya.

Boyamin masih berharap para pimpinan-pimpinan terdahulu, seperti Bambang Widjojanto, Busyro Muqoddas, Agus Rahardjo, Laode Muhammad Syarif hingga Saut Situmorang kembali mencalonkan diri sebagai Capim KPK. Ia pun menilai para anggota pansel saat ini cenderung menutup diri.

"Tapi karena panselnya nampak menutup diri, tidak jemput bola beneran dan kelihatannya pasif, ya sudah akhirnya menurut versi saya pendaftar-pendaftar ini belum dream team," tutupnya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih
KPU Solok