Gaji ASN Naik Lagi Tahun 2025, Begini Penjelasan Kementerian Keuangan

×

Gaji ASN Naik Lagi Tahun 2025, Begini Penjelasan Kementerian Keuangan

Bagikan berita
Ilustrasi Gaji PNS
Ilustrasi Gaji PNS

Dalam gelaran pidato tersebut, presiden biasanya mengumumkan kebijakan-kebijakan yang bakal dilaksanakna pada tahun berikutnya.

"Itu nanti (tunggu) tanggal 16 Agustus saja, akan seperti apa, pasti disampaikan di situ," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberi sinyal bahwa gaji PNS akan naik pada tahun depan.

Hal itu disampaikan ketika ditanya dari maksud penyesuaian belanja pegawai dalam dokumen KEM-PPKF 2025.

"Kalau penyesuaian kan ke atas. Iya, disesuaikan," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/7/2024).

Namun, Airlangga mengakui, pihaknya belum mendapatkan informasi terkait pembahasan wacana tersebut.

Oleh karenanya, ia pun tidak mengetahui rincian pasti terkait kenaikan gaji ASN. "Belum ada ya (pembahasan soal gaji PNS)," katanya.

Sebagai informasi, dalam dokumen KEM-PPKF 2025 disebutkan, secara umum kebijakan belanja pegawai pada tahun 2025 konsisten melanjutkan proses reformasi birokrasi ke arah adaptasi pola kerja baru yang memanfaatkan TIK untuk mendorong produktivitas.

Arah kebijakan belanja pegawai tahun 2025 akan difokuskan antara lain untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi birokrasi sebagai kunci keberhasilan reformasi fiskal melalui penguatan implementasi manajemen ASN, digitalisasi birokrasi dan layanan publik, serta adaptasi flexible working arrangement.

Kemudian, meningkatkan kualitas belanja pegawai dengan tetap menjaga konsumsi aparatur negara, antara lain melalui pemberian THR dan Gaji/Pensiun ke-13 dan penyesuaian gaji ASN.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih