Polda Kalsel Tangkap Pengedar Obat Putih yang Akibatkan 53 Orang di Banjarmasin Teler

×

Polda Kalsel Tangkap Pengedar Obat Putih yang Akibatkan 53 Orang di Banjarmasin Teler

Bagikan berita
Ilustrasi Penangkapan
Ilustrasi Penangkapan

HALONUSA - Setelah adanya pengakuan dari korban teler di Banjarmasin yang awalnya diduga karena kecubung, Polda Kalimantan Selatan langsung melakukan tindakan.

Tindakan yang dilakukan adalah dengan mengamankan pengedar obat berwarna putih yang kerap disebut Zenith atau Carnophen.

Polda Kalsel mengamankan seorang pengedar obat tersebut dengan inisial MS (47) di rumahnya di Kelurahan Sungai Andai Banjarmasin dan mengamankan sebanyak 20.680 butir obat tersebut.

Kemudian, penindakan dilanjutkan oleh Polresta Banjarmasin yang menangkap tersangka FS, IR, dan SE dengan barang bukti 906 butir obat serupa.

Selanjutnya, Polres Banjarbaru meringkus tersangka MH mengedarkan 605 butir dan Polres Hulu Sungai Tengah menangkap MF dan MA dengan barang bukti 1.000 butir.

"Obat putih tanpa merek ini sudah dikirim ke Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya guna mengetahui kandungannya, jika sudah ada hasilnya kami sampaikan ke publik," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Adam Erwindi.

Diberitakan Sebelumnya, Puluhan orang yang teler di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ternyata bukan karena mabuk kecubung. Melainkan karena minuman beralkohol yang dicampur dengan pil.

Hal tersebut terungkap setelah para korban yang sadar menceritakan kronologi kejadian puluhan orang pingsan yang awalnya diduga karena mabuk kecubung.

"Dua korban yang videonya viral berinisial AR dan S, yakni perempuan dengan mulut berbusa dan laki-laki kaus hitam di atas motor mengaku hanya mengonsumsi obat putih tanpa merek dibeli Rp 25 ribu," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Adam Erwindi, Minggu 21 Juli 2024.

Sementara pengakuan dari korban lainnya juga menyatakan bahwa mereka tidak mengonsumsi kecubung, melainkan obat berwarna putih.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih