PUPR Kebut Pembangunan Infrastruktur di IKN

×

PUPR Kebut Pembangunan Infrastruktur di IKN

Bagikan berita
IKN
IKN

HALONUSA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pihaknya sedang mengebut beberapa infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Beberapa sarana pendukung utama yang tengah disiapkan Kementerian PUPR di IKN. Pertama ada sarana air minum, yang akan mulai commissioning atau masuk ke IKN pada tanggal 15 Juli. Dipastikan, sarana ini siap di bulan Juli.

Selanjutnya, sarana telekomunikasi seperti internet, dan energi juga telah siap. Dalam hal kelistrikan, berdasarkan laporan PLN yang diterima Basuki, sinkronisasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 10 Megawatt (MW) sudah siap dan saat ini tengah proses untuk sinkronisasi 40 MW.

"Lalu gas untuk untuk di (Tower) ASN 4, ASN 2, ASN 1 (siap). Ada tanggalnya tadi (lupa) tapi masih dalam bulan Juli sudah ada," sambungnya.

Sementara untuk bangunannya, Kantor Kemenko 1 hingga 4 juga sudah siap dioperasikan sebanyak tiga lantai. Begitu pula dengan Tower Hunian Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dari keseluruhan 47 tower, ditargetkan pada bulan Agustus mendatang 12 tower siap gunakan. Kedua saran ini siap dimanfaatkan oleh para petugas pendukung Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di sana.

Dalam rangka memastikan kesiapannya, Basuki mengatakan, Jokowi berencana akan berangkat ke IKN pada akhir bulan Juli 2024. Kunjungan tersebut akan dilangsungkan usai Jokowi ke Papua pada 22 Juli mendatang.

"Kalau soal pindah tanyakan beliau. Nanti kan setelah tanggal 20, tanggal 22 kan ke Papua rayakan Hari Anak ya. Setelah itu insyaallah beliau (Jokowi) akan ke sana (IKN untuk mengecek)," katanya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih