Jokowi Batal Pindah ke IKN Bulan Ini, Plt Kepala Otorita Buka Suara

×

Jokowi Batal Pindah ke IKN Bulan Ini, Plt Kepala Otorita Buka Suara

Bagikan berita
Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono

HALONUSA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Basuki Hadimuljono buka suara tentang kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal berkantor di IKN pada bulan Juli ini.

Ia mengatakan, proses penyiapan sarana dan prasarana pendukung di IKN akan rampung pada Juli ini.

Artinya, IKN siap menyambut Jokowi untuk berkantor bulan ini. Begitu pula dengan para tamu dan petugas Upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

"Yang namanya Juli itu kan tanggal 31. Dari dulu saya bilang pertengahan Juli air akan masuk, listrik sudah masuk, karena tadi saya baru kumpulin untuk energi dan komunikasi. Telkom, PLN, tadi sudah melapor (siap tuntas bulan ini)," katanya.

Menurut Basuki, terlalu cepat untuk menyimpulkan bahwa wacana tersebut batal mengingat bulan Juli masih panjang. Di samping itu, Jokowi sendiri tidak pernah menyatakan bahwa rencana berkantor di IKN pada bulan Juli ini batal.

Selama ini, Jokowi hanya kembali melempar pertanyaan kepada awak media terkait dengan kesiapan sarana di IKN.

"Beliau kan nggak mengatakan batal kan, beliau hanya bilang 'sudah belum? belum, sudah, belum'. Gitu aja kan? Tapi yang namanya Juli, sekarang tanggal berapa? Nah iya baru tanggal 10 kan, masih ada 20 hari lagi," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo batal berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024 ini. Beberapa waktu lalu, Jokowi sempat menyatakan akan pindah ke IKN pada bulan ini.

Batalnya berkantor di IKN tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Orang nomor satu di Indonesia itu mengungkapkan alasan kenapa berkantor di IKN tidak jadi direalisasikan bulan ini.

Ia menegaskan akan pindah ketika fasilitas dasar, seperti listrik dan air bersih sudah siap. Ia pun malah balik mempertanyakan kesiapan fasilitas di ibu kota anyar tersebut.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih