2.122 Masyarakat Kota Padang Mengidap TBC, Pemko Lakukan Hal Ini

×

2.122 Masyarakat Kota Padang Mengidap TBC, Pemko Lakukan Hal Ini

Bagikan berita
Pj Sekda Kota Padang membuka sosialisasi Tuborculosis
Pj Sekda Kota Padang membuka sosialisasi Tuborculosis

HALONUSA - Dinas Kesehatan Kota Padang mencatat sebanyak 2.122 warga mengidap penyakit tuberkulosis (TBC) selama tahun 2024.

"Mayoritas penderita TBC di Kota Padang ini merupakan usia produktif yaitu mulai dari 15 tahun ke atas," kata Pj Sekda Kota Padang, Yosefriawan dalam kegiatan sosialisasi TBC, Selasa 9 Juli 2024.

Ia mengungkapkan, TBC merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat.

"TBC dapat menyerang semua kelompok umur dan juga mematikan, jadi ini harus segera diantisipasi," katanya.

Menurutnya, Kota Padang harus menemukan 4.838 kasus TBC pada tahun ini. Hasilnya, hingga pertengahan 2024, Dinas Kesehatan Kota Padang bersama jajaran telah menemukan 2 ribu 122 kasus.

"Dari data tersebut, kasus TBC menyerang kelompok umur 0 sampai 14 tahun sebanyak 20 persen dan sisanya 80 persen terjadi pada usia 15 tahun keatas atau produktif," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati mengatakan, kasus TBC paling banyak ditemukan di Kecamatan Koto Tangah hingga Juni 2024.

"Itu karena wilayah yang luas, jumlah penduduk terbilang banyak dan ada lima puskesmas yang melakukan skrining TBC," katanya.

"Dari 2.122 kasus TBC tersebut ditindaklanjuti dengan pengobatan selama enam bulan kedepan. Dengan demikian diharapkan persentase tingkat kesembuhan TBC bisa menncapai seratus persen," tutupnya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih