PDN Diserang Hacker, Kominfo: Beberapa Data Sudah Berhasil Dikembalikan

×

PDN Diserang Hacker, Kominfo: Beberapa Data Sudah Berhasil Dikembalikan

Bagikan berita
Wamenkominfo, Nezar Patria
Wamenkominfo, Nezar Patria

HALONUSA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengklaim bahwa beberapa data yang diserang hacker di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) sudah dipulihkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wamenkominfo, Nezar Patria dalam keterangan resminya yang diterima Halonusa.com.

“Secepatnya, beberapa sudah bisa kita pulihkan, misalnya Imigrasi. Kita terus bekerja sekarang untuk mengatasi, terutama layanan publik bisa berjalan kembali seperti sedia kala seperti yang kita harapkan, mohon dukungan dan doanya semua," katanya.

Ia menekankan, layanan imigrasi menjadi salah satu layanan pemerintah yang telah pulih dan bisa digunakan kembali oleh masyarakat. Sementara untuk layanan lain yang terdampak masih dalam proses pemulihan.

"Layanan-layanan pokoknya kita pulihkan, yang lain kita terus bekerja sekarang," ujarnya.

Menurutnya, PDNS 2 juga telah memiliki fasilitas Disaster Recovery Center (DRC) yang membantu upaya pemulihan layanan yang terdampak.

Sebelumnya, Pusat Data Nasional (PDN) diserang oleh peretas yang mengakibatkan sebanyak 210 instansi pemerintahan terdampak.

Akibatnya, layanan publik berbasis digital terganggu dan hingga saat ini PDN masih belum bisa memulihkan data tersebut.

Diketahui, PDN diretas sejak 20 Juni 2024 lalu dengan modus ransomware dan peretas meminta tebusan sebesar Rp131 miliar.

"Mereka meminta tebusan US$8 juta," ucap Direktur Network & IT Solution Telkom Group Herlan Wijanarko pada jumpa pers, Senin (24/6).

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih