Buru Harun Masiku, KPK Periksa Staf Hasto Kristiyanto

×

Buru Harun Masiku, KPK Periksa Staf Hasto Kristiyanto

Bagikan berita
Buronan KPK, Harun Masiku
Buronan KPK, Harun Masiku

HALONUSA - Dalam pencarian keberadaan Harun Masiku, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap staf Hasto Kristiyanto, Kusnadi.

Pemeriksaan tersebut dilakukan di Kantor KPK pada Rabu 19 Juni 2024 kemarin dan KPK meminta keterangan dari Kusnadi.

"Perkara yang sedang ditangani, yaitu tersangka HM (Harun Masiku). Terkait keberadaan tersangka HM itu sendiri, kurang lebih seperti itu," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika, Kamis 20 Juni 2024.

Tetapi, Tessa enggan menjelaskan secara detail lokasi pencarian Harun. "Secara detail, kami belum bisa memberi informasi, karena masih berproses," ujarnya.

Sementara itu, Kusnadi yang dimintai keterangan mengaku pernah bertemu Harun. Hal itu diakui Kusnadi, seusai diperiksa tim penyidik.

Namun, Kusnadi tak menjelaskan lebih jauh mengenai pertemuan dirinya dengan Harun. "Ya pernah," kata Kusnadi di Gedung KPK, Rabu 19 Juni 2024.

Penyidik KPK pernah meminta keterangan Kusnadi terkait isi telepon genggam (HP) milik Hasto, yang telah disita. Kusnadi menjelaskan, penyidik menanyakan tentang percakapan-percakapan dalam HP tersebut.

Namun, Kusnadi menegaskan, percakapan tersebut tidak ada kaitannya dengan Harun. Percakapan yang terjadi, merupakan percakapan Hasto dengan staf, mengenai pementasan wayang yang digelar PDIP.

"Enggak ada percakapan HM (Harun Masiku). Ya percakapan biasa pembayaran (pagelaran wayang, red)," ujar Kusnadi.

Hasto dan Kusnadi di lain sisi telah melaporkan Tim Penyidik KPK ke Dewas, Komnas HAM, dan Bareskrim Polri. Pelaporan ini terkait dengan penggeledahan terhadap Kusnadi, penyitaan HP serta catatan milik Hasto.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih