Apakah Bantuan UMKM 2024 Ada? Simak Fakta dan Cara Cek Link Aksesnya

×

Apakah Bantuan UMKM 2024 Ada? Simak Fakta dan Cara Cek Link Aksesnya

Bagikan berita
Ilustrasi UMKM (foto: ideogram AI)
Ilustrasi UMKM (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Bantuan UMKM berupa BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), masih jadi pertanyaan besar apakah memang ada penyalurannya atau tidak.

Meskipun pihak penyalur yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), belum memberikan update terkait hingga artikel ini dipublikasikan 11 Juni 2024.

Maka dari itu bagi pelaku UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) yang mengharapkan bantuan, dapat mengecek pengadaan jenis bantuan selain BPUM.

Di antaranya yaitu BLT, PKH dan PIP serta Bansos yang rinciannya dapat diketahui dengan membaca artikel Halonusa lain. Judulnya, "Bantuan UMKM Mei 2024 Cair, Simak Rincian dan Jenisnya."

Tapi jika ingin tetap mengetahui bagaimana fakta dan cara cek link akses BPUM, mari simak beberapa penjelasan singkatnya yang dirangkum pada artikel ini.

Fakta BPUM dari BRI

BPUM sebesar Rp2,4 juta yang disalurkan oleh BRI kepada UMKM memiliki syarat yaitu penerima harus punya usaha bisnis dan telah terdaftar sebagai peserta terkait.

Cara daftarnya bisa datang langsung ke dinas/badan atau bahkan koperasi yang menaungi di Kabupaten/Kota, contohnya Dinas Sosial dan sampaikan maksud ingin terima BPUM.

Nantinya, pihak terkait akan meneruskan pengajuan ke Provinsi serta membantu pendaftaran bisnis ke situs OSS agar memiliki nomor induk usaha sebagai syarat penerima.

Link Akses BPUM UMKM 2024

Sementara untuk cara cek nya, dapat mengunjungi laman resmi eform BRI atau mendapatkan informasi dari Kementrian setempat. Barulah kemudian, tunggu saja nominal pencairan ke rekening.

Tapi sayangnya sampai sekarang, situs resmi eform BRI belum mengeluarkan aturan terkait pembukaan penyaluran. Maka dari itu, tunggu saja dulu hingga ada pembaruan terkini dari pemerintah.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih
KPU Solok