5 Rekomendasi Pelatihan UMKM Sebagai Inspirasi Kembangkan Bisnis 2024

×

5 Rekomendasi Pelatihan UMKM Sebagai Inspirasi Kembangkan Bisnis 2024

Bagikan berita
Ilustrasi pelatihan UMKM untuk kembangkan bisnis (foto: ideogram AI)
Ilustrasi pelatihan UMKM untuk kembangkan bisnis (foto: ideogram AI)

Pelatihan UMKM lain yang bisa calon wiraswasta coba yaitu dengan memanfaatkan fitur Shopee Live, karena menurut survei Ipsos selaku perusahaan riset pasar mengungkap identitas keadaan ekonomi digital.

Bahwa, promosi melalui Shopee Live dapat meningkat 82% dari pada TikTok Live yang hanya 18% berdasarkan publikasi artikel Antara yang berjudul, "Fitur Shopee Live jadi pilihan utama brand lokal & UMKM."

5. Agregator

Terakhir, pelaku UMKM bisa jadi Agregator yaitu sebutan bagi kelompok kerja yang jadi terobosan pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya hingga ratusan cabang atau sampai diikuti wiraswasta lain.

Maksudnya yaitu Agregator adalah terobosan dalam berbisnis yang dalam kasus ini, produk kecantikan seperti Skincare masuk daftarnya. Bahkan, KemenKopUKM menyebut ada 400 pelaku usaha yang bergerak di industri ini.

Padahal sebelum adanya Placemarket Online seperti Shopee dan Tokopedia, Skincare masih cukup sulit masuk dan digemari masyarakat. Maka sebagai rekomendasi pelatihan UMKM, calon wiraswasta dapat memikirkan terobosan baru lainnya.

Itulah informasi terkait 5 Rekomendasi Pelatihan UMKM Sebagai Inspirasi Kembangkan Bisnis 2024 beserta metode eksekusinya agar menjadi terobosan terbaik, berdasarkan rangkuman Halonusa di artikel ini. (*)

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Gubernur