Bahkan menurut Camat Bonang Sigit Rahardjo, perilaku berbelanja masyarakat sekarang cendrung hanya pakai ponsel saja. Sehingga, praktik ilmu terkait juga harus diterapkan pelaku UMKM dalam pemasaran digital.
2. e-Reporting
Kedua, UMKM Dharma Wanita di Kalimantan Selatan ini memperoleh ilmu baru berupa keterampilan e-Reporting dengan membuat laporan keuangan agar bantu perkembangan UMKM di Kota Banjarbaru tersebut.
UMKM Dharma Wanita bergerak di bidang produk makanan ringan, Batik Sasirangan dan tas serta kerajinan lain. Sehingga tujuan pelatihan e-Reporting, dapat meningkatkan kinerja mereka.
3. Urban farming
Berbeda dengan pelatihan UMKM lain, metode Urban farming ini dilakukan langsung oleh pelaku usahanya dan dapat jadi rekomendasi program yang bisa dilakukan oleh pebisnis lain.
Kisah suksesnya dimulai saat mereka merantau dari Surabaya ke Malang lalu memulai teknik Urban farming yang bernama Tanduria (Tandur dengan Ceria), dengan berjualan berbagai jenis tanaman serta pupuk hingga alat berkebun.Ia mengaku bahwa rekanannya hampir menyerah setelah 11 bulan berjualan meski cuma modal Rp5 juta di awal, sampai sejak 2021 hingga saat ini, Tanduria sudah beromset Miliaran dengan estimasi ratusan juta per bulan.
Tipsnya menurut salah satu owner yaitu Habib, ia ikut pelatihan ShopTokopedia dengan mengikuti kampanye lokal dan mencatat penghasilan mereka jadi meningkat sekitar 3 kali lipat.
4. Fitur Shopee Live
Editor : Fathia HR