5 Rekomendasi Pelatihan UMKM Sebagai Inspirasi Kembangkan Bisnis 2024

×

5 Rekomendasi Pelatihan UMKM Sebagai Inspirasi Kembangkan Bisnis 2024

Bagikan berita
Ilustrasi pelatihan UMKM untuk kembangkan bisnis (foto: ideogram AI)
Ilustrasi pelatihan UMKM untuk kembangkan bisnis (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Pada artikel ini, terdapat informasi terkait 5 rekomendasi pelatihan UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) 2024.

Dimana pelatihan tersebut dapat menginspirasi para pelaku usaha, agar semakin terbantu dalam mengembangkan bisnis dan memperluas pasar.

Di antaranya dengan mempelajari teknik e-Katalog dan e-Reporting yang baik, kemudian mencoba terobosan program Urban farming yang masih jarang.

Berikutnya, tingkatkan metode penjualan online melalui Shopee Live yang katanya jauh lebih cuan dari pada TikTok hingga yang terakhir jadi Agregator.

Agregator dapat diistilahkan sebagai suatu terobosan, seperti mengembangkan teknik Urban farming yang masih jarang dilakukan oleh orang di Indonesia misalnya.

1. e-Katalog

Pertama, UMKM di Kabupaten Demak, Jawa Tengah memperoleh pelatihan e-Katalog untuk dapat mendistribusikan produk secara online dan offline untuk meningkatkan literasi berwiraswasta.

Bahkan sebelumnya, para pelaku UMKM telah diajarkan juga bagaimana cara mengurus surat usaha NIB hingga bahkan pembuatan online melalui situs resmi OSS yang berlaku selama usaha ada.

"Berkembangnya UMKM diharapkan bisa mengurangi pengangguran dan kemiskinan melalui penjagaan kualitas produk mereka agar terus disukai konsumen," demikian keterangan Bupati Demak Eisti’anah.

"Demikian wujud perhatian pemerintah karena UMKM juga harus mengikuti perkembangan zaman melalui penggunaan segala teknologi dalam memasarkan produk jualan mereka," jelasnya melansir Jateng Antara News.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Gubernur