Bawa Jemaah Haji dengan Visa Ziarah, Selebgram Indonesia Diamankan Pemerintah Arab Saudi

×

Bawa Jemaah Haji dengan Visa Ziarah, Selebgram Indonesia Diamankan Pemerintah Arab Saudi

Bagikan berita
Ilustrasi Jemaah Haji Indonesia
Ilustrasi Jemaah Haji Indonesia

HALONUSA - Seorang selebgram Indonesia ditahan oleh Pemerintahan Arab Saudi karena diduga menjual visa Ziarah untuk melaksanakan ibadah haji.

"Seorang selebgram ya, cuma detail ya kami belum tahu lebih lanjut dan sudah ditahan oleh pihak keamanan Arab Saudi. Karena dia jualan haji tanpa Tasreh melalui visa ziarah dan sudah ada jemaahnya di Makkah," kata Konjen RI di Jeddah, Yusron B Ambary.

Ia mengatakan, jemaah yang dibawa tersebut masih berada di Mekkah. Pihaknya juga masih menelusuri keberadaan Selebgram dan jemaah yang ia bawa.

"Jemaahnya masih kita telusuri di mana posisinya, karena mereka ya seperti enggak ada lagi yang ngurus saat ini," katanya.

Saat ini, Yusron baru mendengar kabar selebgram itu masih dalam pemeriksaan pihak aparat keamanan Arab Saudi. Menurut Yusron, mereka dilarang masuk saat puncak haji di Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna) nanti karena tidak memiliki surat izin masuk atau tasreh.

Guna mengantisipasi kejadian yang sama, pihak Kemenag RI dan Kementerian Arab Saudi melakukan razia di berbagai akun media sosial. Bahkan, pemerintah Arab Saudi sudah mengantongi nama-nama travel yang bermasalah. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih