Simulasi Cicilan KPR Kredit Multi Guna Bank Mega, Gaji Perbulan Berapa?

×

Simulasi Cicilan KPR Kredit Multi Guna Bank Mega, Gaji Perbulan Berapa?

Bagikan berita
Ilustrasi milik hunian KPR (foto: ideogram AI)
Ilustrasi milik hunian KPR (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Berikut simulasi cicilan Cicilan KPR Kredit Multi Guna Bank Mega, kira-kira debitur harus memiliki gaji bulanan berapa?

Karena Kredit Pemilikan Rumah (KPR) produk Kredit Multi Guna hanya menyediakan nominal pengajuan (plafon), mulai dari Rp500 juta saja.

Tentunya tidak semua karyawan berpenghasilan bulanan bisa pengajuan pinjaman, karena ada syarat minimal gaji yang disyaratkan tidak langsung.

Meskipun di situs resmi Bank Mega tidak dijelaskan secara rinci, maka dari itulah pada artikan ini akan dikupas tuntas terkait informasi tersebut.

Sehingga, calon debitur bisa memperkirakan apakah gaji bulanan mereka dapat memenuhi persyaratan sebelum ajukan KPR Kredit Multi Guna di Bank Mega.

Besaran Gaji Bulanan Calon Debitur

Menurut perhitungan Halonusa, calon debitur harus memiliki minimal gaji bulanan Rp7 juta karena cicilan bunga yang ditetapkan sebesar 60% dari penghasilan.

Dengan gaji Rp7 juta sebulan saja, mengakumulasikan persenan 60% sekitar Rp4,2 juta yang diperuntukkan untuk membayar cicilan sampai waktu pelunasan (tenor).

Gaji segitu juga bisa pengajuan, jika tenor yang dipilih paling lama yaitu 15 tahun atau 180 bulan. Artinya Rp4,2 juta x 180 = Rp765 juta dalam perhitungan kasar.

Tapi debitur belum tentu dapatkan harga rumah Rp765 juta karena angka tersebut, belum dipotong biaya provisi dan administrasi serta materai hingga asuransi & lainnya.

Namun karena minimal pengajuan KPR Kredit Multi Guna adalah Rp500 juta sampai Rp10 Miliar, mungkin saja bisa diterima asal memenuhi beberapa syarat dan ketentuan berikut.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih