Pro dan Kontra Soal Tapera, Prabowo: Kita Cari Solusi Terbaik

×

Pro dan Kontra Soal Tapera, Prabowo: Kita Cari Solusi Terbaik

Bagikan berita
Presiden Terpilih Prabowo Subianto
Presiden Terpilih Prabowo Subianto

HALONUSA - Presiden terpilih, Prabowo Subianto, menanggapi polemik program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang memotong gaji pegawai.

Prabowo menyatakan bahwa dirinya akan mempelajari dan mencari solusi terbaik untuk program yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah tersebut.

"Kita akan pelajari dan kita cari solusi yang terbaik," kata Prabowo, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 6 Juni 2024.

Diketahui, program iuran Tapera ini menjadi polemik. Banyak pihak, terutama masyarakat, yang tidak setuju dengan program yang memotong gaji tersebut.

Sejumlah buruh bahkan menggelar demo hari ini di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Berbagai tuntutan disampaikan massa buruh, termasuk menolak iuran Tapera.

Sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan bahwa banyaknya penolakan terhadap Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) karena pemahaman masyarakat yang masih minim.

Hal tersebut diungkapkan oleh irektur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemnaker Indah Anggoro Putri pada Rabu 5 Juni 2024.

"Dalam konteks penolakan, pemahaman masyarakat terhadap Tapera masih minim karena kurangnya sosialisasi yang efektif. Oleh karena itu, langkah-langkah pemerintah untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan Tapera dianggap penting," katanya seperti dilansir Tribratanews.

Ia mengatakan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, pihaknya akan melakukan sosialisasi melalui Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional.

Ia menekankan, saat ini belum ada penerapan pemotongan upah untuk iuran Tapera, dan Kemnaker sedang merancang Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) mengenai mekanisme Tapera.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih