Besaran Cicilan Pembayaran Bunga Pinjaman Bank BRI dan Jenis Produknya 2024

×

Besaran Cicilan Pembayaran Bunga Pinjaman Bank BRI dan Jenis Produknya 2024

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman BRI beserta rincian pembayaran bunga (foto: ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman BRI beserta rincian pembayaran bunga (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Pada artikel ini, terdapat rincian terkait besaran cicilan pembayaran bunga pinjaman Bank Rakyat Indonesia (BRI) 2024.

Sebenarnya, penetapan aturan tersebut sudah berlaku mulai 2021 dan hingga tulisaan ini dipublikasikan pada 5 Juni 2024, belum ada perubahan.

Informasi terkait dipublikasikan oleh situs resmi BRI, kemudian dikutip oleh berbagai portal online seperti Kumparan hingga IDX Channel.

Seperti yang diketahui, BRI merupakan salah satu Bank di Indonesia yang menawarkan banyak produk. Salah satunya berjenis pinjaman, dengan variasi bunga.

Ada bunga yang bernilai cukup rendah atau jenis pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) misalnya, adapula yang efektif dan floating (meningkat) tiap bulannya.

Besaran Cicilan Pembayaran Bunga Pinjaman BRI

Melansir situs resminya, BRI menetapkan beberapa kredit sesuai segmen tertentu. Misal jenis Korporasi: 8%, Ritel: berupa pinjaman nilai Miliaran 8,25% dan Mikro: 14% serta Konsumsi (seperti KPR): 7,25% hingga Konsumsi non-KPR: 8,75%.

Selain itu menurut BRI, besaran nominal cicilan dari pembayaran bunga pinjaman dari angka di atas belum termasuk adanya pembiayaan lain seperti Provisi dan Administrasi serta Asuransi hingga Materai.

Misalnya jenis kredit produktif seperti KUR, bunga aslinya yaitu 16% tapi disubsidi pemerintah 10%. Sehingga, calon debitur hanya membayar 6% per tahun atau 0,41% flat per bulan.

Sementara jenis kredit Konsumtif seperti KKB Mobil Bekas dan Baru sekitar 4,75% per bulan. Adapula pembiayaan Pinjaman BRI Ceria sekitar 1,42% per bulan, atau jenis lainnya.

Jenis Produk Pinjaman BRI Beserta Persenan Bunga

1. KUR BRI

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih