KPK Panggil Hasto Kristiyanto Terkait Dugaan Suap Harun Masiku

×

KPK Panggil Hasto Kristiyanto Terkait Dugaan Suap Harun Masiku

Bagikan berita
Hasto Kristiyanto
Hasto Kristiyanto

HALONUSA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemanggilan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto.

Hasto dipanggil dan akan diperiksa oleh KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana suap yang melibatkan Harun Masiku.

"Informasi dari teman-teman penyidik, yang bersangkutan (Hasto Kristiyanto) dimungkinkan minggu depan akan dipanggil ya, tetapi memang kami belum mengonfirmasi kembali waktunya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Juni 2024.

Meskipun begitu, Ali menyatakan bahwa dirinya belum mengkonfirmasi tentang surat panggilan, apakah sudah diberikan atau belum.

Namun, pemeriksaan Hasto sudah diagendakan. Bahkan tim penyidik juga sudah meminta keterangan dari sejumlah saksi lain, di antaranya Simeon Petrus, Hugo Ganda, dan Melita De Grave.

"Dari beberapa minggu yang lalu kami memang memanggil beberapa orang saksi, setidaknya tiga orang dari pengacara dan mahasiswa. Tentu itu ada kaitannya dengan informasi baru yang masuk dan diterima oleh KPK," katanya.

Ia menegaskan bahwa KPK tidak pernah berhenti melacak keberadaan Harum Masiku yang telah masuk dalam daftar pencarian orang.

Karena itu, bila ada informasi baru yang masuk ke KPK, maka pihaknya pasti menindaklanjutinya.

"Kami panggil orang-orang itu untuk dikonfirmasi,” katanya. “Juga tentang kemungkian ada pihak tertentu yang sebenarnya tahu (keberadaan Harun Masiku) tapi tidak menyampaikan informasi tersebut," katanya.

Untuk diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka kasus penyuapan terhadap Komisioner KPU 2017-2022 Wahyu Setiawan.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih