Ditunjuk jadi Plt Kepala Otorita IKN, Ini yang Bakal Dilakukan Basuki

×

Ditunjuk jadi Plt Kepala Otorita IKN, Ini yang Bakal Dilakukan Basuki

Bagikan berita
Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono
Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono

HALONUSA - Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa dirinya akan melakukan beberapa langkah setelah ditunjuk sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)

Dalam wawancara pada Senin 3 Juni 2024 di Istana Negara, Basuki menyarakan bahwa dirinya akan menyelesaikan 2 permasalahan yang terjadi di IKN.

2 masalah yang akan ia selesaikan tersebut adalah masalah pertanahan dan investasi yang belum terselesaikan di IKN saat ini.

"Fokusnya pelaksanaan program ini permasalahannya adalah di tanah dan investasi. Jadi kenapa beliau (Raja Juli) dipilih sebagai wakil kepala IKN, karena ini menyangkut status tanah," katanya.

"Jadi kami berdua akan segera memutuskan status tanah di IKN ini, apakah dijual, disewa atau kah KPBU, kami ingin mempercepat itu," lanjutnya.

Ia menjelaskan dengan adanya kejelasan status tanah ini, Jokowi berharap para investor tidak ragu-ragu lagi menanamkan modalnya di IKN. Hal ini juga berhubungan dengan fokus masalah kedua yakni menggaet investor.

"Yang kedua, karena status tanahnya akan lebih jelas, mereka juga akan lebih jelas status hukumnya sebagai investor di IKN. Itulah fokus utama di dalam kami mengemban tugas sebagai Plt kepala dan wakil kepala IKN ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Setneg), Pratikno pada Senin 3 Juni 2024 di Kompleks Istana Kepresidenan.

Sementara, untuk Plt Wakil Kepala Otorita IKN, Jokowi menunjuk Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih