Febri Diansyah Hadir di Sidang Dugaan Korupsi KPK

×

Febri Diansyah Hadir di Sidang Dugaan Korupsi KPK

Bagikan berita
Febri Diansyah
Febri Diansyah

HALONUSA - Febri Diansyah akan dihadirkan dalam sidang lanjutan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan oleh mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Febri akan dihadirkan di persidangan bersama 4 orang saksi lainnya pada persidangan lanjutan yang dijadwalkan hari ini, Senin 3 Juni 2024.

"Untuk makin mengungkap dan mempertajam aliran uang dari Terdakwa Syahrul Yasin Limpo dkk, Senin (3/6) bertempat di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Tim Jaksa akan hadirkan saksi-saksi, Febri Diansyah (advokat/managing Partner Visi Law Office)," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin 3 Juni 2024.

Saksi lain yang dihadirkan jaksa KPK adalah GM Media Radio Prambos atau PT Bayureksha, Dhirgaraya S Santo. Kemudian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi, Karumga Rumdin Mentan era SYL bernama Sugiyatno, serta Staf TU Direktorat Alat dan Mesin Pertanian, Yusgie Sevyahasna.

Dalam perjalanan kasus korupsi SYL, Febri Diansyah, Rasamala Aritonang, dan Donal Fariz pernah diperiksa KPK sebagai saksi. Ketiganya dicecar soal temuan dokumen KPK saat tim penyelidik menggeledah rumah dinas SYL.

Diketahui, SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Dia didakwa bersama dua eks anak buahnya, yakni Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.

Selain membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan juga harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan SYL lainnya. Kebutuhan itu antara lain, sewa jet pribadi, umroh, perjalanan ke Brasil dan Amerika Serikat, hingga sapi kurban.

Selain patungan, pejabat di Kementan juga membuat perjalanan dinas fiktif. Uang dari perjalanan dinas fiktif itu dicairkan dan digunakan untuk memenuhi berbagai permintaan SYL. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih