Kredit Khusus Petani Sawit Ini Pengajuan Pinjamannya Gratis Provisi, Simak Aturan lain!

×

Kredit Khusus Petani Sawit Ini Pengajuan Pinjamannya Gratis Provisi, Simak Aturan lain!

Bagikan berita
Ilustrasi Petani Sawit yang meminjam uang ke Bank (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Petani Sawit yang meminjam uang ke Bank (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Bagi wiraswasta yang punya usaha Sawit dan membutuhkan pembiayaan, bisa banget buat pengajuan pinjaman di Bank Syariah Indonesia (BSI).

Caranya yaitu dengan memilih BSI Mitra Plasma Sawit yang merupakan salah satu kredit khusus bagi petani, dimana biaya pengajuan provisinya digratiskan loh.

Kira-kira, bagaimana ya aturan lainnya? Maka dari itu, simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini. Sebelum itu, ketahui dulu sekilas informasi terkait program tersebut.

Sekilas Informasi Terkait BSI Mitra Plasma Sawit

Melansir Antara, BSI Mitra Plasma Sawit dimaksudkan dengan tujuan mendukung program pemerintah untuk pembiayaan ramah lingkungan pada sektor pertanian tahun 2024.

"Target nasabah yaitu petani Sawit yang terdaftar sebagai anggota koperasi plasma binaan perusahaan inti sawit," demikian keterangan Risqi Widayat selaku SVP SME Business BSI.

Menurutnya, BSI menawarkan pembiayaan di bidang agrikultur ini kepada UKM (Usaha Mikro Menengah) yang artinya hanya pengusaha yang sudah bertahun-tahun berbisnis sebagai targetnya.

''Pendanaan BSI Mitra Plasma Sawit bisa dimanfaatkan untuk pembangunan dan penanaman kebun baru atau bahkan replananting hingga peremajaan dengan tujuan makin produktif," jelas Risqi Widayat.

Namun tidak semua petani Sawit bisa pengajuan dan akan diterima serta dapat pembiayaan, karena calon debitur harus memiliki sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) dan/atau Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Hal ini dimaksudkan agar memastikan bahwa minyak Sawit yang dihasilkan, sudah melewati proses produksi dengan bertanggung jawab terhadap aspek lingkungan sekitar dan mampu mengurangi dampak negatif yang mungkin bisa ditimbulkan.

Keunggulan BSI Mitra Plasma Sawit

"Pembiayaan Mitra Sawit adalah pembiayaan kepada Koperasi yang bergerak di bidang kelapa sawit dengan bermitra dengan perusahaan inti yang dapat berbentuk project financing, pengalihan hutang, dan replanting perkebunan kelapa sawit,'' demikian melansir situs resminya.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih