Ketua MPR Soal Tapera: Sebaiknya Ditunda Dulu

×

Ketua MPR Soal Tapera: Sebaiknya Ditunda Dulu

Bagikan berita
Ketua MPR, Bambang Soestyo (Foto: Istimewa)
Ketua MPR, Bambang Soestyo (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo menilai kebijakan tentang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sebaiknya ditunda.

"Sekarang timbul pro kontra soal Tapera. sebetulnya menurut saya ini perlu dilakukan kaji, dikaji kembali. Saran saya supaya tidak jadi pro kontra di-hold dulu sambil dilakukan sosialisasi, baru kemudian dilakukan kembali," katanya kepada wartawan di Gedung Nusantara V DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 29 Mei 2024.

Ia menilai, pemerintah sebaiknya fokus pada peningkatan pendapatan masyarakat sehingga daya belinya pun meninggi, bukan justru membebankan iuran tambahan untuk pembelian rumah pertama.

Pembebanan iuran ini menyebabkan kemampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan riil hilang sebagian.

"Rakyat butuh sekali dana untuk kebutuhan riil ya, jadi jika dipotong itu akan mengurangi kebutuhan riil," katanya.

Apalagi, lanjut Bamsoet, masyarakat tidak tahu manfaat apa yang akan didapat dalam jangka pendek bila penghasilannya dipotong sebesar 3 persen untuk iuran Tapera.

"Jadi sekali lagi, pertama sosialiasi yang lebih masif, agar rakyat paham bahwa yang dipotong itu untuk dia dalam jangka panjang memenuhi kebutuhan papannya. Kemudian kedua, dihitung juga tingkat daya beli masyarakat yang hari ini terus Menurun. Jadi sebaiknya dikaji kembali," tutupnya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih
KPU Solok