Cuaca Panas di Mekkah, Jemaah Haji Diimbau Lakukan Ini

×

Cuaca Panas di Mekkah, Jemaah Haji Diimbau Lakukan Ini

Bagikan berita
Jemaah Haji Indonesia disambut panitia penyelenggara haji di Mekkah (Foto: Kemenag)
Jemaah Haji Indonesia disambut panitia penyelenggara haji di Mekkah (Foto: Kemenag)

HALONUSA - Kepala Puskes Haji Kemenkes Liliek Marhaendro Susilo mengingatkan jemaah haji agar tetap menjaga kesehatan di Tanah Suci. Pasalnya, cuaca yang sangat panas saat ini.

"Ini kita mengendalikan faktor risiko ya. Faktor risiko sudah dibawa, tapi kalau terkendali akan aman. Salah satunya adalah minum obat secara teratur, sehingga obat-obatan untuk mengendalikan penyakit yang sudah rutin mesti dibawa," katanya dalam keterangan resminya, Senin 27 Mei 2024.

Selain obat, ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar jemaah haji bisa menghadapi cuaca panas ekstrem selama beribadah adalah dengan tetap menjaga kondisi tubuh.

Liliek menekankan agar jemaah haji harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan ibadah haji.

Selain itu, jemaah haji juga disarankan untuk membawa perbekalan makan dan minum. Aktivitas di luar ruangan dalam durasi yang panjang bisa membuat jemaah haji mungkin lupa untuk makan dan minum.

"Kalau aktivitas berkepanjangan di luar, makanan itu tersedia di hotel, bukan di luar. Ada katering di hotel. Nah, orang yang sudah pernah atau sering ke sana pasti banyak membawa bekal, bawa kurma," tutur Liliek.

"Misalnya mau shalat dzuhur sampai ashar di masjid, dia sudah siap bawa bekal," sambungnya.

Selama beribadah haji, jemaah perlu menyesuaikan diri dengan suhu di Arab Saudi yang cenderung lebih panas dari Indonesia. Di Indonesia, suhu paling panas sekitar 36 derajat Celsius, sementara di Arab Saudi bisa mencapai 41 derajat Celsius.

Maka dari itu, Liliek mengimbau agar jemaah menggunakan alat pelindung diri dari sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

"Gunakan alat pelindung diri. Pakai payung, pakai topi besar kalau ibu-ibu, pakai kacamata hitam, pakai masker, bawa semprotan air. Kalau terasa kering, disemprot supaya tidak kena heatstroke dan minum air," ucapnya.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih