Soal Uang Kuliah Digratiskan, Pengamat: Jangan Bicara Tentang Mimpi-mimpi Indah

×

Soal Uang Kuliah Digratiskan, Pengamat: Jangan Bicara Tentang Mimpi-mimpi Indah

Bagikan berita
Ilustrasi UKT Mahal
Ilustrasi UKT Mahal

HALONUSA - Pengamat Kebijakan Publik, Gigin Praginanto menyatakan bahwa Presiden terpilih, Prabowo Subianto jangan lagi berbicara tentang mimpi-mimpi indah saja.

Hal tersebut diungkapkan menyusul adanya rencana Prabowo Subianto untuk menggratiskan biaya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Presiden terpilih jangan lagi berbicara tentang mimpi-mimpi indahnya," ujar Gigin dalam keterangannya di X @giginpraginanto, dikutip pada Jumat 24 Mei 2024.

Ia meminta agar Presiden terpilih Prabowo lebih fokus membicarakan program-program konkret yang disertai dengan analisis peluang dan risiko yang dihadapi, sehingga publik bisa memahami kebijakan tersebut secara realistis.

"Bicaralah tentang program dengan segala peluang dan risiko yang dihadapi," katanya.

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto angkat bicara soal Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dikeluhkan oleh mahasiswa karena dinilai terlalu mahal.

Prabowo menyatakan bahwa untuk UKT, harusnya tidak boleh sebesar itu, terlebih untuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang pembangunannya dibiayai oleh negara.

"Menurut saya harus tidak boleh ini, terutama di universitas negeri yang dibangun oleh uang rakyat uang APBN, itu tidak boleh biayanya tinggi. Kalau bisa, biayanya sangat minim dan kalau perlu ya gratis, pendidikan," katanya seperti dilansir dari Youtube TV One, Kamis 23 Mei 2024.

Ia menekankan agar Negara betul-betul menghitung anggaran jika ingin menggratiskan biaya pendidikan tinggi. Selain pendidikan tinggi, menurutnya Negara juga semestinya meminimalisasi biaya pendidikan dari tingkat SD hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan.

"Seharusnya, biaya pendidikan itu adalah tanggung jawab negara, dan seharusnya memang gratis," lanjutnya.

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih