Soal Uang Kuliah Mahal, Ini Kata Medikbudristek Ndiem Makarim

×

Soal Uang Kuliah Mahal, Ini Kata Medikbudristek Ndiem Makarim

Bagikan berita
Mendikbudristek Nadiem Makarim
Mendikbudristek Nadiem Makarim

HALONUSA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyatakan bahwa pihaknya akan menghentikan adanya UKT tidak rasional.

Hal tersebut diungkapkan dalam rapat bersama Komisi X DPR RI kemarin, Selasa 21 Mei 2024. Ia menegaskan bahwa pihaknya akan menghentikan praktik UKT tidak rasional tersebut.

"Dan saya berkomitmen beserta Kemendikbudristek untuk memastikan, karena tentunya harus ada rekomendasi dari kami untuk memastikan bahwa lompatan-lompatan yang tidak rasional itu akan kami berhentikan," katanya.

Selain itu, ia mengatakan bahwa kebijakan kenaikan UKT yang telah diatur dalam Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024 tidak akan berdampak pada klasifikasi UKT di tingkat rendah.

Namun, kebijakan ini akan berdampak bagi klasifikasi UKT di tingkat menengah dan atas. Ia menjelaskan bahwa UKT di PTN bersifat berjenjang dan selalu mengedepankan asas keadilan dan inklusivitas.

Prinsip ini berarti bahwa mahasiswa dengan latar belakang berkecukupan akan membayar lebih banyak, sementara yang tidak mampu akan membayar lebih sedikit.

"Dan kita melihat kebijakan UKT ini tidak akan berdampak bagi klasifikasi UKT di tingkat-tingkat rendah, dimana tingkat atas itu relatif itu proporsinya sangat kecil. Jadi ini bagian dari kebijakan afirmasi kita," katanya.

Perlu dicatat bahwa kebijakan ini hanya berlaku bagi mahasiswa baru dan tidak berlaku untuk mahasiswa yang sudah belajar di perguruan tinggi.

"Tidak berlaku untuk mahasiswa yang sudah belajar di perguruan tinggi. Jadi masih ada mispersepsi di berbagai kalangan, di sosmed," tutupnya. (*)

Editor : Halbert Chaniago
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih