Syarat Utama UMKM Agar Bisa Pengajuan Pinjaman Bank 2024, Pemula Wajib Tahu!

×

Syarat Utama UMKM Agar Bisa Pengajuan Pinjaman Bank 2024, Pemula Wajib Tahu!

Bagikan berita
Ilustrasi pinjaman bank dan cara daftar anggota UMKM (foto: ideogram AI)
Ilustrasi pinjaman bank dan cara daftar anggota UMKM (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Kalau butuh pendanaan buat berbagai keperluan, terutama yang produktif seperti modal usaha misalnya ada syarat utama.

Yaitu kamu harus terdaftar sebagai bagian dari UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), agar bisa dapatkan perizinan berupa SIUP/OSS.

Hal ini sepatutnya kamu perhatikan, apalagi bagi kawula muda yang pertama kali akan merintis usaha dan belum memiliki pengalaman sama sekali.

Tahapan membuka usaha atau bahkan pengembangan bisnis, tentu butuh modal yang salah satu sumber pendapatannya yaitu dari pinjaman Bank.

Tapi untuk bisa pengajuan pinjaman Bank, kamu butuh syarat dokumen seperti SIUP (yang berlaku per 6 bulan) atau OSS yang tidak memiliki kadaluarsa.

Maksudnya begini, SIUP adalah salah satu syarat pengajuan pinjaman Bank yang bersifat tradisonal dan pembuatannya bisa dilakukan di kelurahan terdekat domisili.

Sayangnya, masa berlaku SIUP hanya per 6 bulan sekali. Maka dari itu, ada alternatif lain untuk membuat OSS secara online yang pembuatannya tidak ada masa kadaluarsa.

Agar OSS sebagai syarat pengajuan pinjaman Bank untuk perolehan modal usaha bisnis bisa kamu dapatkan, kamu harus mendaftarkan diri sebagai peserta UMKM dengan tahapan di bawah ini.

Tahapan Pendaftaran UMKM Buat Dapatkan OSS

Bahkan dengan jadi anggota UMKM Online menurut artikel Linebank, kamu bisa dapatkan pelatihan dan bimbingan teknis terkait kiat pengusaha pemula ketika baru merintis karis sebagai wiraswasta.

Pertama menurut Tirto, kamu harus melampirkan beberapa syarat dokumen seperti NIK dan NPWP serta alamat email hingga nomor ponsel aktif.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih