Ternyata Pengajuan KUR 2024 Bisa Tanpa Jaminan Plafon Rp500 Juta, Faktanya?

×

Ternyata Pengajuan KUR 2024 Bisa Tanpa Jaminan Plafon Rp500 Juta, Faktanya?

Bagikan berita
Ilustrasi KUR 2024 Tanpa Jaminan (foto: Canva)
Ilustrasi KUR 2024 Tanpa Jaminan (foto: Canva)

HALONUSA - Seperti yang sama-sama diketahui, bahwa pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) menetapkan aturan melampirkan jaminan atau agunan.

Kalau mau pinjaman tanpa agunan, bisa pilih produk KTA dengan nominal cicilan bunga yang lebih besar karena tidak disubsidi oleh pemerintah.

Sementara, masyarakat memang lebih menyukai KUR karena bunga cicilannya ringan dengan jangka waktu pelunasan (tenor) yang juga cukup panjang.

Bahkan, nominal maksimal pengajuan (plafon) bisa sampai Rp500 juta. Nah, apakah KUR 2024 yang disalurkan berbagai Bank di Indonesia ini bisa tanpa jaminan?

Padahal kan, jaminan KUR itu wajib hukumnya karena bunga cicilan ringan dan semua kalangan bisa pengajuan asal memiliki usaha tanpa ada minimal penghasilan.

Pengajuan KUR 2024 Tanpa Jaminan?

Hingga artikel ini dipublikasikan pada 21 Mei 2024, belum ada Bank manapun di Indonesia yang memberlakukan pengajuan KUR tanpa jaminan karena sangat beresiko.

Walau adapun, mungkin pengajuanmu akan dipersulit dan sangat tidak mungkin bagi pihak yang baru pertama kali pengajuan karena belum terlihat etika dan track record-nya.

Maka dari itu melansir pemberitaan Republika yang berjudul, "KUR Akan Disalurkan Tanpa Perlu Agunan, Pakai Jaminan Apa Dong?" menginformasikan bahwa hal tersebut mungkin terjadi.

Pasalnya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop Yulius sudah memberikan penjelasan terkait uji coba dan penetapan rencana pengajuan KUR 2024 tanpa jaminan dengan plafon hingga Rp500 jutaan.

"Akan dicoba dulu sampai Rp500 juta menggunakan credit scoring buat tahun 2024 ini," jelas keterangannya sembari menyebutkan beberapa aturan yang harus dipenuhi calon debitur di bawah ini.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih