Pinjaman UMKM 2024 Bisa Tanpa Jaminan? Simak Tips Sukses Pengajuannya

×

Pinjaman UMKM 2024 Bisa Tanpa Jaminan? Simak Tips Sukses Pengajuannya

Bagikan berita
Ilustrasi Pinjaman Bank KUR (foto: Canva)
Ilustrasi Pinjaman Bank KUR (foto: Canva)

HALONUSA - Para pelaku usaha, dimana pun kamu berada yang sedang berbisnis atau akan meningkatkan skala pendapatan bisa pengajuan pinjaman.

Nah, jenis pinjaman UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) ini salah satu jenisnya yaitu KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang tersedia hampir di semua Bank.

Terutama Bank Negeri dan masuk kelompok BUMN, bahkan Bank Swasta BCA pun kini menyediakan pembiayaan terkait KUR dengan nominal (plafon) hingga Rp500 jutaan.

Bahkan, jangka waktu pelunasan (tenor) cukup lama hingga 5 tahun. Tentu, kamu harus pahami ketentuan dari masing-masing Bank terkait pengelompokan serta aturannya.

Tapi secara umum, syarat pengajuan KUR 2024 hampir sama dan merata di seluruh Indonesia pada semua Bank yang terdaftar seperti BNI-BRI-Mandiri hingga lainnya.

Syarat dan Ketentuan KUR UMKM 2024

Pertama tentu saja, kamu sudah berusia 21 tahun atau telah menikah. Kalau belum menikah dan sudah 21 tahun, bisa minta surat keterangan dari kelurahan terkait statusmu.

Apabila sudah menikah, dapat melampirkan buku nikah beserta KTP kamu dan pasangan. Jika belum menikah pun, tetap harus lampirkan KTP kamu sendiri ya.

Menurut Youtuber Republic's Java dalam publikasi konten, bahwa pihak Bank akan menilai karakter debitur dari KTP melalui pengecekan BI Checking. Baik kamu atau pun pasangan, jika sudah menikah.

"Kalau pengajuan KUR BRI, tidak boleh ada pinjaman BNI juga. Baik suami atau pun istri," katanya dalam video berjudul "PINJAMAN UMKM TANPA JAMINAN PINJAMAN UMKM MODAL USAHA TANPA JAMINAN TANPA BI CHECKING 2024 ADAKAH."

Selain itu, debitur harus melampir KK (Kartu Keluarga) dan NPWP yang bisa kamu buat secara online melalui aplikasi saja atau datangi kantor pajak Djp Online ya.

Editor : Fathia HR
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Pandarlih